
MODEL PEMBELAJARAN
SIKLUS BELAJAR
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah :
SMP ................................................
Mata Pelajaran :
I.PA..........................
Kelas/Semester : VIII/I.................................
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran (…1 x pertemuan)
![]() |
A. Standar
Kompetensi :
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan
B. Kompetensi Dasar
Menganalisa
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
C. Tujuan
Pembelajaran :
: .Setelah
mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.
menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan
Perkembangan makhluk hidup
2. menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
3. membuat laporan hasil percobaan
D. Materi Pembelajaran :
Pertumbuhan
dan perkembangan
E. Model/Metode Pembelajaran:
1.
Model : Learning Cycle
2.
Strategi : CBSA
3.
Pendekatan
: Keterampilan
Proses
4.
Metode : Eksperimen /Diskusi/ Ceramah
F. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Tahap (Fase)
|
Rincian Kegiatan
|
Tayangan
multimedia pembelajaran
|
Pertama
|
Tahap
Situasional
Waktu kurang lebih 10 menit
|
Pendahuluan
§ Apersepsi>Menggali informasi tentang macam macam binatang
§ Motivasi>Mencari informasi melalui nara sumber tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
§ TujuanPembelajaran>Menginformasikan materi yang akan dibahas.
§ Mengelompokan siswa
|
Slide
1>Gambar macam macam binatang
Slide
2> a.Film tentang unta
b.Percakapan
antara induk unta dengan anak unta
slide
3> menuliskan tujuan pembelajaran
|
Tahap
Eksplorasi
Waktu kurang lebih 10 menit
|
Kegiatan Inti
·
Guru membawa
beberapa gambar makhluk hidup sambil memberikan pertanyaan yang mengarah pada
pengertian tumbuh dan berkembang
·
Dalam kelompok,
siswa mengamati gambar-gambar yang tersedia, mencatat nama dan mengelompokkan
mana yang merupakan contoh tumbuh dan berkembang
|
Slide
4 > macam macam gambar unta
Slide
5 > contoh gambar unta yang
bermacam macam beserta bagian bagian tubuhnya
Slide
6 > tayangan LKS yang akan
dikerjakan siswa
|
|
Tahap Elaborasi
Waktu
kurang lebih 30 menit
|
Siswa mengamati percobaan
§ Siswa mencatat hasil pengamatan dalam tabel pengamatan
§ Siswa mengerjakan LKS
§ Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan didalam LKS
|
Slide 7> pengisian LKS dengan menayangkan bagian bagian tubuh
unta dan kartu kata
|
|
Tahap konfirmasi
Waktu
kurang lebih 15 menit
|
§ Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi
kelompok.
§ Diskusi kelas untuk, menyamakan persepsi tentang
pertumbuhan dan perkembangan
§ Guru bersama
siswa menyimpulkan hasil diskusi
|
Slide 8> menampilkan gambar unta serta
bagian bagian secara detail tetapi belum ada tulisan
Slide 9 > menayangkan kembali gambar
unta secara lengkap
|
|
Tahap
evaluasi
Waktu kurang lebih 15
menit
|
Penutup
Guru menyimpulkan
hasil pencapaian belajar
Guru memberikan penilaian hasil belajar siswa
Guru memberikan tugas pengayaan
|
slide
10 > teks lagu unta karangan ibu Susi
|
G. Sumber
Belajar :
Sumber :
a.Buku Ilmu Alam dan Sekitarnya, Jilid 2, Tiga Serangkai, tahun 2006
b. LKS, Carta
H. Penilaian
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
Menyebutkan
factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
Menyimpulkan
perbedaan antara pertumbuhan dengan perkembangan
|
Tes Identifikasi
Tes Kinerja
Tes Tulis
|
Lembar Observasi
Unjuk Kerja
Isian singkat
|
1. Tuliskan 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada
makhluk hidup!
2. Jelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup!
|
Rubrik dan criteria penilaian
No
|
Kegiatan yang dinilai
|
SKOR
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Merangakai
alat dengan benar
|
|||||
2
|
Membaca
sekala busur tumbuh dengan benar
|
LKS1-1
Pertumbuhan Pada Tanaman
Perhatikanlah tumbuhan di
sekitar kita, misalnya tanaman bayam. Bagaimana tinggi tunas bayam dari hari
kehari, bagaimana jumlah dan ukuran daunnya?. Tunas bayam melakukan proses
pertumbuhan. Pertumbuhan merupakan ciri makhluk hidup. Pertumbuhan adalah suatu
proses pertambahan ukuran yang meliputi pertambahan tinggi, besar dan berat.
Melalui kegiatan ini kalian akan mengetahui pertambahan tinggi tanaman bayam.
Alat dan Bahan:
1.
Auksanometer
(Busur tanaman) lengkap
2. Tanaman bayam dalam pot
dua batang (Sama besar dan sama sehat)
Cara kerja:
- Ambillah alat
dan bahan percobaan, yang telah disediakan
- Rangkailah
kedua tanaman bayam dengan alat seperti pada gambar
- Letakkan
rangkaian tersebut ditempat yang aman dan mudah diamati
- Catat setiap
hari, berapa pergeseran jarum busur tumbuh dan masukkan data pengamatan ke
dalam table pengamatan.

Tabel Data Pengamatan
Hari ke
|
Pergeseran jarum busur tumbuh (mm)
|
Keterangan
|
|
Bayam pot A
|
Bayam pot B
|
||
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
- Berdasarkan
data yang kalian peroleh, buatlah grafik. Untuk pertumbuhan pada sumbu
horizontal dan untuk waktu pada
sumbu vertikal
Pertanyaan.
1.
Apakah
pertambahan tinggi tanaman bayam dari hari kehari sama …………
2. Berapa kecepatan pertumbuhan [rata-rata
pertambahan tinggi tanaman] setiap
hari ?…………………………………………………………………………...
3. Mengapa kecepatan pertumbuhannya bervariasi
selama satu minggu?……….
4.
Sebutkan
penyebab terjadinya variasi kecepatan pertumbuhan tanamanbayam?………………………………………………………………
5.
Keimpulaqn
apa yang dapat diambil dari kegiatan ini?
e